Senin, 09 April 2012

kekurangan Android


Kekurangan Android


Android adalah produk yang luar biasa, segudang fitur ada didalamnya, bahkan versi terbaru dari OS besutan Google ini digadang gadang jauh lebih bagus dari iOS. Sebagus apapun Android tetap saja hasil karya manusia  yang mempunyai kekurangan, nah karena sudah begitu banyak artikel yang membahas tentang kelebihan android, maka saya disini akan menulis tentang  kekurangan Android.
Saya menulis kekurangan Android bukan karena benci dengan Robot ijo ini, tapi saya ingin memberi  informasi yang yang berimbang.  Yang perlu anda tahu,  kekurangan yang saya tulis bisa juga dipandang sebagai kelebihan jika dipandang dari sudut yang berbeda. Ok langsung saja…!

Boros Baterai

Handset Android terkenal boros baterai, hal ini maklum karena efek dari banyaknya fitur android, terutama Fitur 3G, Maps dan GPS. Sebenarnya hampir setiap smartphone juga boros baterai, jika ingin hemat, matikan fitur yang tidak perlu.

Fragmentasi

Handset Android dibuat oleh banyak vendor dengan ukuran layar yang berbeda, sebagian menggunakan keyboard fisik, sebagian lagi  hanya  menggunakan touchscreen. Versi Android yang terpasang di handset juga berbeda berbeda, hal ini menyebabkan pengalaman memakai android tidak seragam, hal ini juga sekaligus menyulitkan Programmer dalam membuat program

Tidak Mendukung  J2ME

Bahasa pemrograman untuk membuat program di Android adalah java, namun Java yang dipakai tidak kompatibel dengan J2ME, hal ini dikarenakan Android hanya “meminjam” bahasa nya saja , namun library dan user interfacenya berbeda, bagi programmer J2ME  yang ingin membuat program Android terpaksa harus belajar lagi dari awal dan bagi user, maka aplikasi kesukaannya tidak akan berjalan di Android

Google Centric

Android adalah produk open source dari Google dan Open Handset Aliance, itulah mengapa aplikasi yang ada di Android sangat menyatu dengan layanan  Google, sebut saja Email menggunakan GMail, Calendar menggunakan Google Calendar, bahkan sampai Contact pun disimpan di Gmail Contact. Bagi fans Google ini merupakan keunggulan sendiri, namun bagi pengguna yang tidak familiar dengan produk Google (Misal orang yang baru pindah dari Windows Mobile atau Symbian)   hal ini cukup merepotkan karena mereka harus menyesuaikan kebiasaannya.

Banyak Malware

Hal yang cukup disoroti dari android adalah securitinya, beberapa bulan terakhir, Berita di Internet dihiasi dengan banyaknya malware yang menyerang Android. Jangan heran kalau produk security seperti antivirus juga menyediakan versi Androidnya, sebut saja AVG dan    Lookout security.

Update ke End User Lama

Android cukup active dikembangkan, hampir tiap  tahun ada rilis baru, sebut saja tahun 2010 rilis froyo (2.2) dan Gingerbread(2.3) dan Honeycomb (3.0), tahun 2011 ini sudah merilis Ice cream sandwich (4.0). Namun dari sisi vendor atau operator, update ke user bisa makan berbulan bulan, sebagai contoh, froyo di rilis bulan mei 2010, namun pengguna android kebanyakan baru mendapat update setelah bulan september, jadi hampir 6 bulan, berbeda dengan iOS dari Apple.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar